Sabtu, 08 April 2017

Profil Ekonomi Pembangunan FE UNM

Berdasarkan Lokakarya Perumusan Profil Program Studi (PS) se-Fakultas Ekonomi yang dilaksanakan pada tanggal 22-23 Maret 2017 di Hotel Pesonna Makassar, Profil PS Ekonomi Pembangunan FE UNM dapat dilihat sebagai berikut:

Visi Universitas

UNM sebagai pusat pendidikan, pengkajian, pengembangan pendidikan, sains, teknologi, dan seni berwawasan kependidikan kewirausahaan.

Visi EP FE UNM

“Pada tahun 2021 PSEP FE UNM sebagai pusat pengembangan dan penerapan ilmu ekonomi pembangunan yang berwawasan kewirausahaan dan berbasis ekonomi kerakyatan dalam mendukung pembangunan yang berkeadilan”.

Profil Lulusan PS EPFE UNM

Sarjana Ekonomi yang mampu menghasilkan analisis kebijakan ekonomi dan pertanian dengan pendekatan kewirausahaan dan ekonomi kerakyatan dengan memanfaatkan iptek berdasarkan nilai-nilai keilmuan dan keadilan. 

Profil Lulusan (lanjutan) :
  • Analis kebijakan pembangunan daerah dan nasional
  • Asisten peneliti bidang perencanaan pembangunan
  • Analis kebijakan moneter
  • Praktisi bidang agribisnis dan usaha kreatif
  • Staf Analis di K-L/BUMN/BUMD/Swasta.
CAPAIAN PEMBELAJARAN

1. Capaian Pembelajaran (CP) : Sikap
  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan dan Pancasila.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  8. Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik.
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan. 
          (Sumber: Permenristekdikti RI Nomor 44 Tahun 2015 SNPT)


2. Capaian Pembelajaran (CP):  Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang perencanaan pembangunan, moneter dan pertanian.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai keahliannya berdasarkan kaidah, tatacara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan analisis informasi dan data.
  6. Mampu memelihara dan mengambangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemujkan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

3. Capaian Pembelajaran (CP): Keterampilan Khusus
  1. Mampu memecahkan masalah sosial ekonomi dengan menggunakan teori dasar ilmu ekonomi dan teknik dasar estimasi empiris, penalaran analitis yang logis, dan ilmiah.
  2. Mampu memahami dan mengevaluasi kebijakan pemerintah dan kaitannya terhadap dunia usaha.
  3. Mampu mengkaji dan menerapkan berbagai keahlian bidang ekonomi pembangunan secara kreatif dan inovatif.
  4. Mampu menerapkan keterampilan teknis dan keterampilan non-teknis dalam penelitian bidang perencanaan pembangunan, moneter, dan pertanian dan mengkomunikasikan analisis ekonomi dengan cara yang koheren pada publikasi ilmiah  ataupun media massa.

4. Capaian Pembelajaran (CP): Pengetahuan
  1. Memahami dan menguasai konsep perencanaan pembangunan, moneter, dan ekonomi pertanian.
  2. Menguasai secara teoretis dan teknis analisis ekonomi sesuai dengan konsentrasi masing-masing.
  3. Memiliki pemahaman konsep ekonomi dan keterkaitannya dengan nilai-nilai kewirausahaan, ekonomi kerakyatan, dan pembangunan yang berkeadilan.
  4. Memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang metode penelitian dan penerapannya sesuai dengan bidang konsentrasi masing-masing.

0 komentar:

Posting Komentar